Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mei 07, 2012

magnificent batu caves

Wajib hukumnya kalo ke Kuala Lumpur mampir ke Batu Caves. Dijamin gak nyesel. Suer...

Dipikir-pikir kenapa ya gue suka banget sama kuil-kuil Hindu? Setelah mikir cukup lama, sepertinya karena mereka selalu colorful. Liat aja emang ada Dewa Dewi lain yang kulit badannya berwarna ijo & biru selaen di Hindu? I dont think so...

Perjalanan dari KL Sentral ke Batu Caves naek KTM Komuter ke arah Sentul ± 30 menit dengan ongkos 1 MYR langsung berenti depan Batu Caves.

Kompleksnya lumayan luas dengan banyak temple tersebar sampai ke puncak batu kapur.

Disebelah pintu masuk, berdiri patung Hanoman berwarna hijau setinggi 50 kaki. Hanoman seperti kita tahu adalah penolong bagi Rama dalam Epic Rama & Shinta.

Jalan sekitar 100 meteran ada temple dengan kubah emasnya. Worshiper udah pada buka alas kaki semenjak baru naik tangga. Gue aja yang berani-beraninya masih pake sepatu, lagian kotor banget deh.

Jalan menuju ke Caves nya, ada galeri seni & Valluvar Kottam. Valluvar Kottam tuh monument suku Tamil. Sepertinya didalemnya ada prasasti, patung & mural. Valluvar Kottam ini dikelilingi oleh kolam berisi ikan. Lumayan meneduhkan mata jadinya.

Sampai dipelataran Caves, gue udah exciting banget. Patung Dewa Murugan bersepuh emas begitu menantang mata. Dewa Murugan adalah kepercayaan Hindu suku Tamil di India. Dia digambarkan mempunyai senjata berupa Spear of Wisdom, dengan kendaraannya berupa Peacock. Patung setinggi 42,7 M ini dibangun dalam kurun waktu 3 tahun dan menghabiskan biaya 2 juta MYR. Patung inilah yang menjadi icon nya Batu Caves.

Naek menuju ke gua diatas, kita harus melalui tangganya yang berjumlah 272 buah. 3 ruas tangganya dipakai untuk orang naik & juga turun. Kalo disini udah bisa dipastiin orang-orang udah pada hah heh hoh kecapean naek tangga. Pemandangan saling lempar senyum antar pengunjung udah biasa.

Ternyata ga sesusah yang gue kira sih, gue cuman sempet istirahat 1x doang sebelom nyampe puncaknya. Lumayan keringetan.

Nyampe diatas udah disambut patung Dewa Murugan versi kecilnya. Liat meraknya? so sweet deh...

Sepanjang cave bertebaran Temple & relief Ramayana. Ada satu Temple yang kena sinar matahari langsung dari lubang Cave-nya. Keren sih. Belom lagi main Temple nya diujung cave, keren banget.

Beberasa saat gue nikmatin aja ambience nya, sebelom turun lagi kebawah.

Oya, ditengah2 tangga tuh ada Dark Cave, kalo mau masuk bayar 35 MYR dan ada tour nya.

Turun kebawah ga secapek waktu naek deh, lancar aja...dan tebar-tebar senyum aja sama yang lagi naek...rasain lo...hahaha. Disepanjang tangga-tangga ini banyak monyet kayak lagi di Uluwatu Bali. Orang-orang pada exciting fotoin tu monyet. Hello...kampungan deh...hahaha...

Cuaca lumayan lembab, jangan lupa kalo kesini pake baju santai aja yang nyerep keringet.

Dan kalo mau coba masakan India, disinilah tempatnya. Cuman harganya rada mahal dikit dan gak ada masakan jenis lain. Jadi kalau kira-kira ga suka mending bawa makanan sendiri aja. Jangan lupa bawa air minum.

Kios-kios souvenir juga banyak, tapi mahal dan ditempat lain belum tentu ada. Kalau cuman magnet buat hiasan di lemari pendingin doang sih belinya jangan disini. Harganya bikin sakit hati deh.

Tiap taun sekitar bulan Februari di Batu Caves diadain perayaan Thaipusam yaitu hari untuk menghormati Dewa Murugan atau juga di kenali sebagai Dewa Subramaniam. "Thai" adalah bulan kesepuluh dan “Pusam” adalah Bintang terang, jadi dalam kalender tamil Thaipusam berarti Bulan penuh melintasi bintang terang.

Hari Thaipusam merupakan hari membayar nazar kaum Hindu kepada Dewa Murugan karena permintaannya  di kabulin. Hari Thaipusam juga bermakna hari menebus dosa dan juga memohon ampun atas segala dosa yang telah dilakukan. 

Banyak cara yang dilakukan umat Hindu untuk menebus dosanya terhadap Dewa Murugan antara lain :Membawa Kavadi yang di junjung di atas kepala atau di pikul di atas bahu. Kavadi adalah batang besi atau kayu yang di modifikasi dengan berbagai bentuk dan  di hiasi dengan bulu burung merak.

Pembawa Kavadi bisa  pria, wanita, tua dan muda tapi bebannya di sesuaikan dengan kemampuan masing-masing. Ada juga yang dicucuk lidahnya atau punggungnya, atau dicucuk dari pipi yang satu ke pipi yang lain. Gila tapi seru...pengen sih liat beginian. Pastinya rame banget dah.

Liat Caves doang sih di Indo juga banyak, tapi Caves yang ada Temple nya ya Batu Caves di Malaysia.

3 komentar:

  1. itu patung dewa murugannya udah "bersih " ya?? kemarin terakhir kali kesini pas desember 2011 banyak scaffolding berseliweran & ada pekerja yg sedang repair karena masih under construction, ga banget buat dipoto2 karena mengurangi keindahan he he
    salam kenal

    BalasHapus
  2. udah bersih...cuman ga ada yg potoin....musti beli tripod neh....heheheh

    BalasHapus
  3. ha ha sama saya juga ga ada yg motoin, minta tlg orang india dijwb "tunggu sekejap" hbs itu ga nongol2 mesti cari bidang datar buat setting timer he he (ya beginilah nasib solo traveling) he he

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...