Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Agustus 24, 2012

kuliner makassar

 COTO MAKASSAR

Gila aja ke Makassar gak nyobain makanan yang satu ini. Jujur, gue gak gitu suka daging. Pertamanya ikutan aja biar tau rasanya kek apa. Waktu temen gue pesen coto campur, badan gue udah meriang...campur apaan ya? Hiyy...

Pas pesanan dateng, gue udah bergidik ngeri, what the hell is that? Nyobain kuahnya dulu, kok enak ya...coba campurin sedikit jeruk nipis biar seger ah....

Suapan kedua pakai hati sapi, damn...berarti kurang lebih kayak gini rasanya kalo puppy gue makan hati ayam...

Trus nyobain potongan daging yang bentuknya kek handuk, mampus enak juga sih...gak sehoror yang gue bayangin...satu suap lagi masuk ke mulut.

Akhirnya, di akhir makan, gue cuman sedikit meninggalkan gajih di mangkuk yang bener-bener gak bisa gue makan.

Pantesan pada ngantri, lha wong enak ternyata...hihihi...bener-bener pengalaman yang gak terlupakan deh kek lagi shooting fear factor. *Lebay...

Kalo besok-besok ke Makassar, pesen lagi gak ya? Ahahahahha...

Hidangan Aroma Coto Gagak Makassar
Jl. Gagak no 27

PISANG EPE

Pisang epe tuh kalo di Sunda mah kek pisang geplek. 

Pisangnya dipencet dulu biar pipih lalu dibakar sebentar, baru dikasih topping keju atau coklat yang dibandrol Rp. 7.500/ 3 pcs.

Ada juga yang toppingnya duren atau gula merah tapi harganya Rp. 5.000,-
Kalo mau beli pisang epe ini, banyak dijual di depan pantai Losari. Yang jualnya banyak, tinggal pilih mau yang abangnya cakep apa enggak. Hahahaha...

LEMPER IKAN
 
Sebenernya gue ke tempat ini iseng-iseng aja sambil nunggu yang laen pada ke ATM. Daripada bengong, gue jajal Warkop Tong San.

Niatnya ngopi deh pagi-pagi begini. Sayangnya, kopinya gak asli Toraja tapi campuran.

Temen ngopinya tuh yang enak, kirain otak-otak ikan yang dibungkus daun pisang, ternyata lemper ikan dan cuman tersisa satu pula.

Ya udah "Hup" masuk mulut gue, rasanya lebih enak dibanding lemper ayam. Pedes, nikmat dan cocok dimakan buat sarapan. Apalagi kalau dicocol ke kopinya *Bletakkkk....oreo kale...

Gak nanya sih pake ikan apaan, tapi dengan bayar Rp. 13.000 untuk 1 cangkir kopi & 1 pcs lemper ikan sepertinya cukup lumayan menceriakan harinya gue.

Warkop Tong San
Jl Pasar ikan ( sekitar pantai Losari )

NASI KUNING

Nasi kuning sih biasa banget, gue suka bawa buat sarapan ke kantor. 

Namun nasi kuning yang satu ini ada tambahan topping berupa paru sapi, sedikit berbeda dari yang biasanya. Makan sepiring saja sudah kenyang. 

Rasanya sih standard, nothing special.

Boleh lah kalo sekedar nyoba.

Nasi Kuning Sulawesi
Jl Sulawesi no 192
Telp : 0411- 2888888

NASI PA'PIONG

Nasi ketan seperti lemper yang dibungkus daun pisang dan dibakar sampai matang.

Variant-nya ada yang nasi merah dan nasi biasa.

Kirain tuh rasanya gurih apa gimana gitu tapi ini biasa banget dan gak terlalu mateng karena masih ada yang berbentuk beras.

Satu batang bambu bisa jadi 2 atau 3 potong Nasi Pa'piong. Hasil search di google ternyata yang dimasak dengan cara ini gak cuman nasi saja tapi bisa juga lauk.

Nasi Pa'piong ini ditemukan di pinggir jalan, kalo gak salah di daerah Jeneponto.


BAKSO BABI

Kalau di Sulawesi, bakso babi tuh disebutnya bakso khusus.

Yang gak boleh makan babi, kasian deh lo...lagian yang belom pernah makan gak usah coba-coba deh daripada nanti ketagihan. Hahahaha...

Satu mangkok dihargain Rp. 12.000,- isinya sekitar 10 butir.

Rasanya jangan ditanya deh, enak banget...sudah makan ini tidurnya dijamin nyenyak.

Makan di sini, ngantrinya luar biasa. Bahkan anak kecil aja makannya 1 mangkuk plus nasi pula...aje gile...

Minumnya boleh dicoba juice tamarella, juice terong belanda...mantap...

Kalo singgah ke kota Makale, sempatkan untuk icip-icip ya.



Kios Almas ( Bakso babi )
Jl Pongtiku ( Pantan ) - Makale
Hp : 081343776683

2 komentar:

  1. wah mantap salam kenal dari kami
    Untuk kebutuhan transportasi atau tour wisata di makassar hub kami 085342633633
    Rental Mobil
    Makassar

    BalasHapus
  2. wuaaaahhh...thanks ya josh...akhirnya aq bs dptin no tlp nya almas. favoritku bangeeeddd..... ^_^
    kl lg d toraja aq bs makan sehari 3x pake ini aja, entah knp ga bosen2 hahaha......

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...