Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Desember 06, 2012

pentingnya budgeting jalan jalan

Jalan-jalan ke luar negeri tuh asik. Cari sesuatu yang gak ada di negeri sendiri. Baik dari objek wisatanya, oleh - olehnya, sarana transportasinya ataupun atmosfirnya.

Budget dan berapa lama tinggal di negeri orang sangatlah penting, jangan sampe kita ngegembel juga dong di negeri orang.

Pengalaman waktu liburan ke Malaysia bulan April kemarin, budget tuh udah gue itung secara cermat, maklum akunting. Tiket pesawat udah bayar pake kartu kredit. Done. Hostel udah bayar DP, sisanya baru nanti bayar pas nyampe. Done. Sisanya palingan buat transport, makan, oleh-oleh dan bayar objek wisata. Biaya idup untuk 4 hari gue itung 2 juta Rupiah lah dan mustinya itu cukup banget. Kalo di rupiahin sekitar 663 MYR.

Selama jalan-jalan gue selalu catat pengeluaran per harinya. Dan tiap malem kalo udah dikamar hostel, gue review catatan perjalanan gue biar gak lupa buat dituangkan kedalam blog. Selain itu cek biaya yang belom kecatet dan terakhir gue selalu itung duit sisanya.

Mungkin untuk sebagian orang, gue bisa dibilang freak tapi, menurut gue sih enggak ah. Gue cuman gak mau keilangan duit gara-gara kececer atau ilang. Dan gak mau juga sebelom hari terakhir, duit gue udah abis duluan. Itu sih intinya.

Selama disana gue kalo belanja suka mengkalkulasikannya kedalam Rupiah, biar gak terlalu kemahalan. Gak sampe bawa kalkulator sih. Tapi sebenernya gak terlalu pelit juga, cenderung bayar aja. Karena gue pikir ini liburan gue, kenapa musti berhemat untuk hal yang gak perlu hemat seperti makan contohnya. Makan enak murah ya bonus, tapi kalo mahal tapi enak? Sutralah...

Sampe hari terakhir gue masih ada sisa 230 MYR di dompet, hmmmm...masih banyak ternyata. Horeee, jadilah gue foya-foya beli oleh-oleh. Buat gue pribadi, oleh-oleh itu gak cuman buat orang terdekat aja tapi oleh-oleh buat diri sendiri. Hahaha...

Hasil ngeborong, duit gue cuman sisa 5 MYR...*What? Ya gitulah the power of belanja. Suka kalap. Lagian gue mikirnya ngapain sih tuh duit nanti gue tukerin lagi ke Rupiah. Malu-maluin aja.

5 MYR itu pun pecahannya logam semua yang gak bakal gue belanjain karena mau gue koleksi. Yang ada akhirnya gue malah keausan sangat waktu nunggu boarding. Gue sampe celingak-celinguk di lounge nya liatin harga-harga minuman. Yang paling murah kalo gak salah 3.5 MYR deh itupun air mineral. Huh, beli enggak beli enggak....pusing...akhirnya sih enggak beli. *Aussss...

Duit Rupiah bawa kok, tapi mana mereka terima... ?

Pas udah dipesawat, gue udah nunggu pramugarinya lewat ngejualin makanan. Dan akhirnya gue beli 1 botol teh pucuk harum yang harganya Rp.18.000,- *Pingsan sekejap...yang kalo beli di Alfamart bisa dapet 4 botol deh tapi yah udahlah ga mikir juga sih soalnya aus banget.

Waktu di Central Market, KL, gue udah mau tukerin duit Rupiah ke MYR gara-gara masih pengen belanja. Cuman akhirnya gak jadi karena kurs nya tinggi banget, lagian hati nurani gue udah suruh stop belanjanya... *Cieee

Pesan moralnya kalo belanja kira-kira gitulah. Sebenernya pas belanja juga mikir nih duit tambah menipis ajah.

Setelah gue pulang kerumah, gue cek transaksi pengeluaran tunai yang terjadi. Ternyata total prosentasi buat makan adalah 17%, transportasi ada di angka 13%, fee objek wisata cuma 5%, akomodasi 16% dan sisanya 49% adalah buat belanja. *Mampusss

Gue kaget banget pas tau ini, belom lagi belanjaan yang bayarnya pake gesek. Nilainya bisa lebih dari 49% ternyata. Pikir-pikir ternyata gila banget ya. Next traveling gak boleh kayak gini ah...seremmmm...

Tapi nikmatin acara belanjanya? Iya.
Barangnya kepake? Iya.
Orang-orang yang dibeliin oleh-oleh pada seneng? Iyalah. Apalagi pacar gue. Halo pacar?

Ya udahlah, paling engga gak sampe ngegembel di negeri orang atau kecopetan. *Amit-amit

Hidup belanja!

Hidup jalan-jalan!

Vietnam, tolong...desperately...*Hiks

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...