Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Desember 10, 2012

opspek gak penting

Markipul...
OPSPEK = Orientasi Program Studi dan Pengenalan Kampus

Yah, sekarang gue terdaftar di salah satu Akademi Pariwisata jurusan Perhotelan semester 2. Sebagai syarat kelulusan nanti, gue harus ngikutin OPSPEK yang diselenggarain selama 2 hari 1 malam.

Secara pribadi, gue males banget ngikutin ginian, kek nya gak guna dan cuman buang-buang waktu aja.

Satu minggu sebelum hari H, disuruh kumpul buat nyatet apa yang musti dibawa. Gue sih gak dateng, tinggal tanya temen lah yang musti dibawa apa aja. Beres. Ada beberapa barang yang buat disumbanganin, bawa buat makan sendiri dan barang buat kelompok...oke deh...

Hari sabtu pun tiba, OPSPEK dimulai. Untuk mahasiswa yang sudah bekerja diperbolehkan untuk dateng sore harinya. Lumayan bisa skip acaranya...

Sampe malem acaranya sesi materi dari dosen diselingi selipan dari mahasiswa yang pengen exist dan jojing-jojing. Sumpah boring banget padahal baru di sini beberapa jem aja. 

Sebelom acara selesai udah masuk kamar aja, mencoba untuk tidur...

Dan tidurnya cuman disediain kasur doang, tapi bayangin aja 1 kamar penghuninya 20 orang dan kasur cuma disediain 3. What the hell? Makanya buru-buru tidur aja sama temen-temen sekelas, bodo amat deh yang gak kebagian kasur...salah sendiri... :P

Jam 2 pagi panitia OPSPEK udah pada jejeritan nyuruh kita pada bangun. Tanpa sikat gigi, kita udah langsung ngacir ke aula. Damn it, pasti jurit malam nih...gue sih gak takut begituan, cuman sumpah males aja mana perut kek nya angin doang...duhhhh...menyebalkan...

Ditanyain sih untuk cewe yang lagi halangan atau sakit gak usah ikut, duh pengen banget gue gak ikutan...tapi gak mungkin kan?

Saking pesertanya ada 25 kelompok dan masing-masing kelompok sampai 15 orang, gue yang terdaftar di kelompok 16 baru kebagian jalan jam 3. Itupun masih ngantri di setiap pos. Dan cuman pos 1 doang yang nanyain Dirut kampus sama gelarnya. Di pos-pos berikutnya cuman disuruh bikin yel-yel...ck ck ck masih subuh gini boro mau mikir...gak konsisten banget panitianya. 

Yang lucu, ada panitia yang jerit-jerit ke kita katanya jalannya gak usah sok model. Hah? kata siapa kalo model jalannya lama? Ketauan bukan model tuh. Model tuh jalannya lumayan cepet dan langkahnya lebih lebar, bukan nyantei kek putri solo. Kasian deh...

Udara jam segini dingin banget maklum musim ujan, ya memang lebih dingin Bromo sih. 

Lewatin sawah, rumah penduduk, jamban di depan rumah, ada Shaun The Sheep dan ada parit. Yaempyun....

Gak berapa lama udah sampe lagi di wisma tempat kita nginep cuman lewat belakang. Ternyata waktunya kebuang banyak buat nungguin kelompok yang di depan beres aja, kalo jarak tempuh jalannya sih sebenernya cuman 30 menitan jalan cepet. Ciyusannnn...

Eh, pas sampe lapangan, gue liat kelompok sebelom kita lagi guling-guling di tanah gitu...yoowoh ngapain lagi sih? Waktu bagian kita ya udah mau gak mau deh...dengan terpaksa dan jijik, masalahnya tanahnya becek, guling kiri, guling kanan, guling kiri, guling kanan...mampusss deh nih OPSPEK pake acara guling-guling gak penting sambil diomel-omelin gituh... masalahnya apa? gak jelas...tujuannya? lebih ga jelas...

Udah gitu selesai dan disuruh mandi. Waktu menunjukan pukul 4.30 an...

Kami sih mencoba untuk bobo lagi tapi gak bisa, baru sekitar jam 7 an lanjut dengan sesi materi ( lagi ) dan nyanyi ( lagi ). Duhhhh...pulangkan gue....pulangkan kami...Let me go home...

Jam 9 an baru dibubarin acaranya. Finally...

Emang dapet apa sih di OPSPEK? Sertifikat
Berkesan? Enggak
Buang duit? Iya
Mau lagi? Makasie...

Tiba-tiba keinget masa lalu waktu gue jadi mentor Binusian 2003, meng-OPSPEK mahasiswa baru. Mahasiswa & panitia tuh menyatu, buat gue pribadi, ini sangat berkesan...soalnya rame, heboh dan gila. Memang gue di pihak sebaliknya tapi beneran deh gak ada batasan antara mentor dengan mahasiswanya. Gue juga gak belagu sok senior...bahkan setelah selesai acara OPSPEK gue dinominasikan sebagai kakak ter-rapi loh....walaupun gak menang...sialan...

Waktu gue ngajar jurusan TI yang notabene cowo-cowo, gue lebih galak, sedangkan waktu ngajar kelas KA yang mayoritas cewe, gue lebih santai dan gak ngomel-ngomel. Bahkan sempet dapet puluhan surat cinta...yaempyun.....plus fotonya lagi...

Dan ada beberapa yang beneran cinta sama gue...Oemji...berhubung gue type penebar pesona ya udah bagi-bagi aja telp kost dan email. Temen kost lantai bawah sampe sebel karena musti manggilin gue kalo dapet telpon. Yah gimana atuh....pesona charming gue ternyata begitu cetar membahana badaiiii....bukan salah gue...yah bukan salah gue....sama sekali bukan.

Bahkan dapet mpek-mpek Palembang dari cewe yang gue taksir sampe gue makan sendiri aja tanpa bagi-bagi mentor laen...

Dan dari kegiatan OPSPEK ini, ada mahasiswa yang masih kontak kok...tuh kan saking berkesannya...

Walaupun gue cuman dibayar Rp.5.000,-/ periode. total dapet Rp.10.000 karena gue ngajar 2 periode tapi gak nyesel, gue anggep sebagai pengalaman. Ya, kalau dipikir-pikir kan ngapain juga, bangun jam 5 pagi, jam 6 udah sampe kampus...bayarannya memprihatinkan sekali...dipake makan aja udah abis, nombok malah...tapi gue sama sekali happy...dan menikmati setiap sesinya. Hmmm baru sadar ternyata gue punya passion buat ngajar juga ya...

Sekarang apa kabar ya mereka semua?

Foto - foto mereka aja masih rapi tersimpan di lemari.

Nah, OPSPEK yang sekarang...plis deh......gak terlupakan sih untuk acara guling-guling gak pentingnya...hiyyyyy....yang lainnya? Mending gue jalan-jalan sama Eric, puppy gue....lebih seru dan menyehatkan...

Bye shoes, bye opspek...
You're gonna like it too :  Mentor Binusian 2003

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...