Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Juni 21, 2013

homestay borobudur

2 bulan sebelom keberangkatan ke Borobudur, gue udah googling cari penginapan di sekitar lokasi tersebut. Pertama sih iseng cari di Agoda dan hotel-hotel yang udah ternama dan ternyata tanpa disangka-sangka udah fully booked. Mampus kan?

Akhirnya coba cari di blog orang, tapi sampe berhari-hari gak nemu apa yang dicari. Informasinya kadang ga lengkap tanpa nomor kontak atau foto yang jelas. Untuk sementara gue pending dulu deh...

Sampe akhirnya gue jalan-jalan ke toko buku, cari-cari di section travelling dan dapet deh nama-nama homestay yang ada dideket Borobudur. Finally...

Besoknya, dari beberapa nama desa yang ada di Borobudur, gue tertarik untuk nginep di desa Maitan. Entah seberapa dekat tapi kayaknya kalau dari informasi yang didapat sih gak terlalu jauh.

Gue coba sms dulu deh dan dibalas...katanya harga kamarnya IDR 35.000,-/ orang. Murah mampus nih...ya udah lah booking aja untuk 2 orang. 

Sampe beberapa hari sebelom keberangkatan juga masih sms untuk memastikan, kan deg2an juga nanti udah disana, kamarnya malah di kasih orang...ntar mau bobo dimana dong...apalagi kan kamarnya murah bener...

Hari H, Borobudur tuh susah sinyal untuk pengguna provider IM3, gak ngerti ada gangguan atau emang jelek...boro-boro mau browsing, mau telp/ sms juga kdg bisa kdg engga...sampe akhirnya si empunya homestay sms katanya jadi dateng gak? gue bales kalo acaranya belom selesai tar mungkin jam 10 atau nanti dikabarin lagi.

Ternyata udah jam 9 tapi acara puncak belom ada tanda-tanda bakal berlangsung, setelah dipikir-pikir mending pulang aja deh,  udah gak mood & kebasahan juga soalnya ujan nya tambah lama tambah gede aja.

Sambil makan di depan pintu keluar Borobudur, gue sms si empunya homestay P Isnaim, kalo kita lagi makan & minta dijemput segera. Gak berapa lama datanglah 2 ojek yang membawa kami ke desa Maitan tempat homestay nya P Isnaim.

Perjalanan sih gak lama, palingan 5 - 10 menitan sambil ujan-ujanan. Dateng-dateng udah disambut ibu dan anaknya. dan langsung dikasitau kamarnya. Yah gak seperti di gambar tapi boleh lah. 

Langsung deh mandi, tapi kondisi kamar mandinya ihhhh jorok banget. Geli...mau gimana lagi, kan tetep harus mandi.

Beres mandi ngobrol-ngobrol dulu deh ama P Isnaim dan keluarga. Rencananya subuh nanti pengen liat Borobudur dari arah Punthuk Setumbu sambil nanya ongkos ojek nya tadi berapa? 

Ohhh seiklasnya aja deh mas..

Jangan gitu, tarifnya aja berapa?

Seiklasnya aja...

Bingung kan mau bayar berapa? gue sih patokan IDR 5.000,- biasa dari rumah ke kantor, kurang lebih jaraknya sama lah ya...untuk 2 motor masa cuman IDR 10.000,-? Ah, lebihin IDR 5.000,- aja deh...

E, tapinye....dia kagak mau dikasih segitu....kalo segitu mah untuk 1 motor, mas.

Lah tadi seiklasnya, sekarang pake tarif, gimana sih ? Gondok juga ni orang maunya apa sih.

Udah gitu dikasi buku tamu suruh isi, ya udah isi aja lah...pikiran isi nya tar besok aja soalnya udah capek juga. Gue bawa aja buku nya ke kamar, eh kamar gue malah diketokin suru isi buku tamunya sekarang. Udah gitu isinya musti 2 karena kan 2 orang....libet banget sih ni orang...gak bisa liat sikon banget. Udah mah masi kesel gara-gara tarif ojeknya.

Terus udah gitu sekalian nanya kalo tarif ojek ke Punthuk Setumbu berapa? tar takutnya suka-suka dia aja...tapi ternyata cuman IDR 15.000,-/ orang. Trus ada embel-embelnya lagi, dia kasitau kalau mau liat sunrise yang bagus ada lagi dideket situ tapi harus bayar IDR 300.000,- 

Gue ampe bengong, liat sunrise apaan sampe musti bayar segitu...langsung gak mood jadinya. Liat besok aja lah...

Besok paginya bangun sih sekitar jam 04.00 subuh tapi masi ngantuk dan capek banget jadi mending bobo lagi aja. Bobo lebih penting daripada liat sunrise, gue gak mau sampe sakit gara-gara kurang tidur, soalnya kemaren aja nyampe Jogja jam 02.30 pagi dan bangun jam 07.00 trus ikutan kirab dan bengong di Borobudur ampe malem.

Akhirnya jadi gak liat sunrise...dan teteup harus bangun jam 07.00 karena mau balik ke Jogja mau explore pantai-pantainya.

Pas mau bayar tarif nginep disitu, si ibu bilang waktu dulu deal sama P Isnaim berapa? ya, gue bilang aja IDR 35.000,-/ orang. si ibu langsung lemes dan gak bersemangat. Apalagi pas gue bayar IDR 70.000,- gue sadar pasti tarifnya kemurahan. Tapi ya gimana ? Ngomongnya segitu kok...

Mana dikasi sarapan tahu isi beberapa biji ....baik banget deh ibunya itu. Si ibu gak ngotot sih harus bayar berapa, cuman gue nya jadi gak enak. Jujur, gue mau bayar lebihan sih tapi gue dapat oleh-oleh 2 bentol-bentol gigitan bedbug di leher gara-gara nginep disitu. Itu jadi alasan gue untuk tetap bersikukuh sama tarif di awal.

Dan gue juga baru sadar, ternyata si P Isnaim itu bukan yang punya rumah, istilahnya dia sih cuma calo yang nebeng keuntungan dari tamu yang bakal nginep di homestay nya milik P Astarim. Dan mestinya tarif kamarnya tuh dibicarain dulu antara yang punya dengan si calo. Jadi gak berkesan merugikan salah satu pihak.

Kalo kata pacar gue sih " Kamu kan emang rajanya tega " dooh kalo inget itu langsung merasa bersalah deh. Ya gimana? prinsip ya prinsip.

Jadi lebih baik kalau taun depan mau Waisak di Borobudur mending nginep di hotel aja sekalian. Mahal dikit tapi kan worth it dan yang terpenting gak bikin dongkol dan gak pake acara digigit bedbug.

2 komentar:

  1. Terjumpa blog ini sewaktu 'blog hopping'. Well written....ini memberikan saya lebih 'insight' kepada lokasi2 yang saya ingini. Mungkin ke Acheh Januari nanti. Terimakasih!

    BalasHapus
  2. halo uncle di Malaysia....thx u udah mampir....happy travelling anyway...

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...