Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Juni 05, 2013

7 pantai cantik di jogja


Ke kota Jogja tanpa berkunjung ke pantai-pantainya ibarat makan tanpa garam. Hampir sama pentingnya dengan agenda makan gudeg.

Seharian bermain di pantai sambil men-tanned kan kulit menjadi keharusan ketika menikmatinya dari satu pantai ke pantai yang lain.

Setelah berkunjung di hampir 50-an lebih pantai-pantai di Indonesia. Gue sadar, pantai didaerah yang satu tidak bisa dibandingkan dengan yang ada didaerah lain. Yang ada kita mustinya menikmatinya dengan rasa syukur karena kita punya banyak ratusan pantai eksotik yang gak ( mungkin ) kalah dari negara lain. Hanya saja perlu dirawat dan dikelola dengan maksimal.

Berikut 7 pantai di Jogja yang berhasil dilalap dalam waktu 1 hari.

Ngobaran beach
Pantai Ngobaran menjadi favorit gue diantara pantai Nguyahan dan pantai Ngrenehan yang berada tepat di sebelah kanan dan kirinya. Tebing dan bebatuannya sangat cantik. 

Karena pantai ini tidak berpasir, kita dapat menikmati pantai ini  dari atas atau kalau mau ke bawah, kita bisa duduk-duduk di bebatuan besar yang terhampar.

Selain itu terdapat Pura yang mempercantik visualisasi dari pantai Ngobaran ini.

Nguyahan beach

Pantai Nguyahan tepat berada di sebelah kanan pantai Ngobaran. Hanya dibutuhkan berjalan kaki untuk mampir ke pantai ini. 

Walaupun air lautnya bukanlah yang terbiru dan pasir pantainya bukanlah yang terputih serta garis pantainya yang gak terlalu luas, tetapi nyatanya pantai ini lebih bisa dinikmati pengunjung karena mempunyai pasir pantai dan ombak yang masih terbilang jinak.

Ngrenehan beach
Pantai Ngrenehan bisa disebut juga pantai nelayan. Walaupun begitu, pantai ini tidak kotor dan lumayan nyaman untuk dipakai bermain air. 

Banyak spot foto yang menarik dari ujung pantai yang satu ke ujung yang lain. Kesibukan para nelayan juga bisa dijadikan foto yang menarik, asal jangan sampai mengganggu mereka.

Baron beach
Beralih ke pantai lain masih di seputaran pantai Selatan tetapi lebih ke Timur adalah pantai Baron dkk. Pantai Baron adalah salah satu pantai yang berpasir hitam juga termasuk pantai nelayan, hanya saja air nya rada keruh. 

Spot terbaik untuk menikmati pantai ini adalah dari atas bukit yang berada si sisi kiri pantai. Cukup memberikan donasi secukupnya pada penduduk setempat, kita bisa menikmati pemandangan yang spektakuler dari pantai Baron ini.

Krakal beach
Dari jajaran pantai Baron dkk, gue memfavoritkan pantai Krakal. Pantai ini berpasir kasar, bercampur dengan pecahan batu karang. 

Di pinggir pantai terdapat karang-karang yang lumayan kasar yang tidak sepenuhnya tertutup air laut. Bila kita berjalan di karang-karang ini, agak lumayan sakit di kaki. 

Karena di pantai ini terdapat karang-karang di bibir pantai, makanya ombak laut hanya pecah di tengah pantai. Jadi lumayan aman untuk menikmati pantai ini.

Selain itu banyak ibu-ibu yang berjualan saringan untuk menangkap mahluk-mahluk kecil yang berada dicelah-celah karang.

Sarangan beach
Pantai ini bernama Sarangan dan bukan Sadranan. Lokasinya tepat disebelah kanan pantai Krakal. 

Sebenarnya pantai ini tidak terlalu menarik, cenderung membosankan tetapi karena banyak terdapat pohon pandan laut diseputaran pantai menjadikannya sangat cantik. 

Bermalas-malasan di bawah pohon yang bergenus Pandanus ini bisa bikin lupa waktu dan dari objek pohon ini bisa bikin foto narsis yang keren.

Sundak beach
Banyak majalah travelling yang pernah mengupas pantai Sundak. Buat gue, pasir pantainya yang berwarna coklat keoranyean yang menjadi daya tariknya.

Hampir sama seperti pantai Krakal, pantai ini sangat tenang dan terdapat karang-karang dipinggir pantai, hanya saja karang tersebut tidak tajam melainkan licin karena tergenang sepenuhnya dengan air laut dan ditumbuhi rumput laut.

Banyak ikan-ikan kecil yang berseliweran didepan mata, bahkan sempat melihat ikan yang sekilas mirip belut. Entah berbahaya atau tidak.

Menikmati pantai ini sambil menunggu sunset menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...