Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Oktober 29, 2013

makan siang @ jumbo floating restaurant hongkong


Dulu, sebelum sering traveling seperti sekarang ini, gue suka berkunjung ke tours & travel cuman minta brosur paket tour sambil nanya-nanya berapa harga paket turnya. Dan gue masih inget itinerary-nya kalo pergi ke Hongkong pasti ada jadwal lunch di Jumbo Floating Restaurant.


Sekarang mimpi itu jadi kenyataan, bukan cuma lihat di brosur doang tapi menginjakan kaki di sana. Begitu nyampe di bandara HKIA, kami langsung menuju Jumbo Floating Restaurant untuk makan siang.


Gak kebeneran nyampe Hongkong tuh hujan deras dan kami musti lari-lari menuju ke pier-nya. Setelah nyampe pier, baru deh ada kapal khusus buat nyebrang bagi yang mau makan di restaurant ini.


Gak nunggu lama, kapal langsung nyebrang karena sudah penuh penumpang. Wah ternyata yang mau makan tuh banyak ya dan pastinya turis bukan penduduk lokal.


Tata cara makan di China maupun Hongkong pastinya sama yaitu makan meja di mana 1 meja diisi kira-kira 10 orang. Setelah semua duduk maka hidangan yang berjumlah 7-10 macam itu ditaruh di atas kaca berputar untuk memudahkan dalam pengambilan makanan.


Sebenernya, di Indonesia pun di kalangan keluarga Chinese, makan meja ( cia to ) bukanlah sesuatu hal yang baru. Biasanya acara ini dilakukan di acara kawinan atau pesta-pesta yang membutuhkan keintiman dalam suatu jamuan makan. Dan biasanya keluarga deket saja yang diundang bukan sejuta umat.


Cara makannya juga asik, kita tinggal ambil makanan pake sumpit yang kita pakai buat makan dan bukan pakai sendok sayur ( biasanya tidak disediakan, kecuali untuk yang berkuah ) lalu makanan tersebut tidak dikumpulkan di piring makan dulu tapi langsung saja dimakan. Begitu seterusnya...


Intinya sih ambil dan makan, ambil dan makan. Untuk sebagian orang mungkin kelihatannya jorok ya. Well, tapi tradisinya memang demikian. Makanya sekarang kadang suka disediain sendok sayur biar gak bekas orang banget. Namun memang terasa geli kalo yang duduk untuk makan bukan keluarga sendiri. Cara makannya juga beda kalo sama orang laen yaitu semua makanan dikumpulin di piring makan setelah semua terkumpul baru deh dimakan. Kesannya takut gak kebagian banget...


Pengalaman makan di Jumbo Floating Restaurant sendiri kalo dari segi makanan terbilang biasa malah terkesan hambar dan tanpa rasa. Satu makanan yang gue suka adalah soup tahu + rumput lautnya. Mungkin itu juga karena gue suka banget sama rumput laut. Selebihnya biasa aja. Bayangin, makan telor dadar tapi gak berasa asin...ada sesuatu yang kurang kan?


Design interiornya sih keren banget, itu gue gak bohong karena memang cantik di mata tapi kalo dari segi cita rasa sih masih lebih enak makanan mommy gue di rumah. Selain itu, waiter/s nya rada gak ramah.


Saking gue udah beres makan duluan jadinya gue jalan-jalan aja di sekitar kapal. Ruang untuk makan ternyata di lantai 2 & 3 plus top deck, sedangkan lantai paling bawah digunakan untuk dapur & museum. Diceritakan tentang asal muasalnya serta celebrity yang pernah makan di sini.


Kalo makan di sini sore hari sepertinya bakalan perfect. Makan di top deck dengan langit yang mulai gelap  dan pencahayaan yang terang benderang sepertinya bakalan punya ambience yang gak terlupakan. Lepas dari makanannya enak atau enggak, Jumbo Floating Restaurant memang udah jadi landmarknya Hongkong dan menjadi kebanggaan tersendiri pernah menjejakan kaki di sini.


2 komentar:

  1. Nice, ntar akhir bulan gw kesana juga.

    Joy

    BalasHapus
  2. makan rame2 ama orang asing dalam 1 meja ya sis ? sumpit menyumpit dong, geli hehe...lalu harga brp sis ? aku bulan juli kesana, thanks

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...