Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Oktober 05, 2013

jalan-jalan ke kampung muslim di xi an - china


Kota Xi An terkenal dengan Terracota Warrior & Giant Wild Goose Pagodanya. Selain wajib kunjung ke 2 tempat tersebut ternyata kota ini mempunyai Kampung Muslim di mana mayoritas penduduknya adalah suku Hui yang beragama Islam.

Sebelumnya, gue gak pernah denger tentang Kampung Muslim di Xi An. Sepertinya tidak se-terkenal Muslim Cina di Xinjiang yang masih alami dan sempet gue baca dari majalah-majalah wisata. Kampung Muslim di kota Xi An ini sepertinya lebih touristy.


Mereka pada berjualan penganan ringan, buah-buahan bahkan souvenir.


Gue sempet icip-icip martabak daging sapi dengan rasa spicy. Dan harganya muahal banget. Satu keping dihargain 20 Yuan ( IDR 36.000,-) dan tipis banget. Rasanya sih biasa aja dan hampir sama kek martabak di Indonesia. Selain beef spicy ada juga rasa beef tanpa pedas, ayam dan seafood.


Jalan-jalan di Kampung Muslim lumayan menyenangkan seperti di Pasar Baru, Jakarta hanya saja ini lebih variatif, mungkin karena belom pernah lihat aja makanya jadi exciting. 


Gue gak nyobain penganan laen selaen martabak, sebenernya sih pengen tapi gak tau harganya dan males nanya-nanya. Gue malahan tertarik sama toko souvenir yang ternyata murah-murah, well murah dalam arti lebih murah dibanding toko souvenir di Beijing. Untung, waktu itu gue cuman beli sedikit dan lebih rasional untuk gak borong banyak jadi bisa puas-puasin belanja di sini.

Pokoknya toko souvenir ini adanya di sebelah kiri, keknya itu doang deh clue nya hahaha dan harganya sudah fixed gak bisa ditawar-tawar lagi. Tau-tau udah borong 200 Yuan aja. Tapi sempet minta discount pas mau bayar, eh sambil senyum tantenya bilang gak bisa karena udah murah. Hadeuh ok d... *Mending nyoba walau gagal... -_-"


Guide kami wanti-wanti kalau di sini harus extra waspada karena jambret dan copet pada berkeliaran. Selain itu jangan pernah taruh barang sembarangan kalau gak mau raib. Well, yang ada selama di sini, tas punggung gue ditaruh di depan. Udah kayak naek busway, serem juga sih...


Kue yang ini kue ketan, pengen banget nyoba karena menarik di mata tapi karena dari ketan dan sangat-sangat berminyak jadi gue membatalkan untuk mencobanya. 

Pas waktu jalan pulang kan ceritanya kehausan abis borong oleh-oleh, sempet beli minuman yang rasanya seperti kunyit asem. Yang jualnya gak bisa bahasa Inggris jadi bingung mau nanya berapa harganya aja setengah mati. Tanya rasanya gimana aja dia bengong... asalnya udah gak mau beli aja karena libet banget. Tiba-tiba ada yang menjerit dari dalem kios harganya 2 Yuan. Ok deh...udah keburu pingsan duluan...untung rasanya gak aneh.


Rasanya masih pengen explore lebih lama tapi yang namanya ikut tour, semua dibatasi. Satu jam berasa belom ngapa-ngapain dan emang bener sih, belanja aja sambil liatin jem mulu, gak lucu juga kan kalo sampe telat dan yang laen nungguin kita sambil pada cemberut. Terakhir, ada temen yang beli buah kayak apel tapi kecil dan rasanya aneh kayak makan penghapus ahahhaha... 

Paling gitu aja pengalaman gue, so kalo ke kota Xi An, gak ada salahnya sightseeing ke Kampung Muslim.

2 komentar:

  1. Informasi yang bermanfaat. Saya jadi tau ada kampung muslim di China.

    BalasHapus
  2. Boleh japri gk.. mo tanya2. Ttg xian.. krn minim sekali.. infonya?... sherina_aal@yahoo.com. tq bila berkenan.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...