Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Oktober 17, 2013

naik bullet train itu rasanya...

Traveling itu bukan cuman ngunjungin objek wisatanya aja tapi nyobain transportasi publik di negara tersebut. Apalagi kalo di negara sendiri belom punya, penasaran dong...

Kalo di Malaysia sempet nyobain monorail buat ngiter-ngiter Kuala Lumpur, di Tiongkok gue nyobain bullet train rute Beijing - Zheng Zhou.


Bullet train dikenal dengan nama High Speed Rail ( HSR ). Tiongkok sebagai salah satu negara terluas di dunia, sudah seharusnya mempunyai bullet train untuk menghubungkan kota yang satu dengan yang lain dengan lebih cepat dan aman. 

Hmmm, kalo aman sih relatif ya, buktinya pernah ada kecelakaan bullet train loh di bulan Juli 2011. So, lebih tepatnya cepat dan mahal dong? Hahaha...


Jam 6 pagi udah nyampe di Beijing West Railway Station. Pemandangan pagi itu dihiasi orang-orang yang geret-geret koper termasuk gue, ada yang lagi senam pagi dan ada juga yang duduk-duduk di pintu masuk stasiun bawa-bawa baskom, kipas angin & gembolan baju. 


Yang jadi pertanyaan, mereka tuh mau pulang kampung? Apa mau kerja atau mau apa ya? No clue at all. Gak bisa bayangin aja naek kereta atau bullet train kalo pas hari raya Imlek, bakalan lebih menggila baik orang maupun bawaannya soalnya kan pada pulang kampung.


Sekitar jam 06.30 an baru deh rombongan kami pada bergerak masuk stasiun, gue gak ada petunjuk sama sekali, trainnya bakal berangkat jam berapa, berapa lama perjalanannya, dan harus naek turun tangga berapa kali...


Stasiunnya gede banget anyway, naik turun tangganya juga gak cuman sekali dua kali, belom lagi harus bawa koper dan berdesakan sama penumpang laen. Tangganya gak semua pake eskalator...modar gak tuh...untung cuman bawa 1 koper doang, itu juga udah libet.

Apalagi oma-oma rombongan yang baru hari ke-2 di Beijing bawaannya udah kayak mau perang. Satu tas tangan, 1 tas ransel, 1 koper dan 1 kardus gede tentengan oleh-oleh. Itu  baru 1 oma loh dan ada 3 oma, kali 3 aja bawaannya hahahaha...

Sapa juga yang mau bawain, wong bawa punya sendiri aja udah keringeten. Gue juga gak pernah ngebayangin kalo mau naek bullet train itu ternyata cukup menyiksa.


Setelah lihat tiket, ternyata trainnya berangkat jam 7 teng. Dan jam 06.50 masih geret-geret koper entah di mana. Peserta tur yang laen malah provokator-in tour guide-nya, "Kalo dia gak mau nungguin kita, biarin aja kita tunggu di sini".

Siapa dia? Lah emangnya trainnya mau nungguin kita gitu? Kadang-kadang kaga pake mikir dulu...

Rombongan oma-oma tadi sama sekali gak kelihatan...


Pas nyampe loket pemeriksaan karcis, petugasnya udah ngoceh-ngoceh gak jelas. Yaiyalah train jam 7, jam 06.55 masih di situ belom nyampe perlintasan sama sekali. Apa gak gila? Sampe-sampe karcisnya gak diperiksa langsung disuruh lewat aja.

Baru nyampe gate-nya, trainnya nyampe dan kita udah berebutan masuk ke dalam gerbong. Belom semua duduk masih nyari-nyari kursi, trainnya udah berangkat lagi. Omaigat. Hebat sekali... gak ada 5 menit itu...


Rombongan kami semua berhitung dan ternyata 3 oma-oma tadi ketinggalan beserta tour guide dari Indonesia dan juga tour guide dari Tiongkok. Wkwkwkwk...

Setelah dapet duduk...santai sejenak...tarik nafas dan 10 menit kemudian gue udah explore train sambil foto-foto plus nyobain toiletnya.

Toiletnya sangat bersih dan disediain seperti kertas minyak ukuran besar untuk lap dudukan toiletnya.

Gerbong 9 ternyata restorasi tempat makan, keren banget dan rapi. Gue gak nyobain makanannya karena dari hotel dibawain breakfast box.


Seatnya 3-2, bagasi di atas sama seperti yang ada di kereta api biasa hanya saja ini terbuat dari kaca. Koper extra gede gak bakalan muat kalo ditaruh di atas.

Pramugari available dan siap membantu.


Train 507 rute Beijing-Zheng Zhou ini mempunyai jarak 693 Km dengan kecepatan tertinggi mencapai 300 Km/ jam. Waktu perjalanannya ditempuh selama 3 jam 13 menit dan menguras kocek sebesar 309 Yuan ( IDR 570.000,-) untuk kelas 2 nya.

Mahal? Iyalah...no meal pula. Namun jangan salah, bener-bener gak kedengeran suara gejlak-gejluk khas kereta api di Indonesia loh. Dijamin gak bakalan mabok karena gak berasa apa-apa.

Pemandangan sih standar, sawah-sawah gitu deh which is sering lihat lah ya, jadi nothing special about it.


Sekedar tips kalo mau naek bullet train : 

Bawa barang seperlunya yang masih bisa di handle tangan. Kalo mau beli oleh-oleh, cukup di kota terakhir kita jalan-jalan aja.

Lima belas menit sebelum train berangkat harus sudah ada di perlintasan train apalagi kalo naeknya dari Beijing West Railway Station karena gak cuman bullet train saja yang ada di situ tapi kereta biasa juga ada, makanya stasiunnya penuh banget orang. Pengguna bullet train itu walau selalu penuh tapi gak sebanyak penumpang kereta biasa.

Penunjuk jalan di Stasiun bisa dibilang gak guna, puyeng kalo udah di sana. Petunjuk dalam Bahasa Inggris ada sih, kalo lihatnya pelan-pelan dan gak buru-buru, gue rasa bisa.


Nyampe Zheng Zhou, kami langsung serbu mini market buat makan mie seduh. Bukan pengen makan mie banget sih tapi lebih karena daripada gak ada kerjaan sambil nungguin rombongan oma-oma yang tadi telat naek bullet train.

Satu jam kemudian mereka datang dengan cerita kalo mereka dikatain "Orang gila" sama penduduk lokal gara-gara mereka ketiban koper punyanya si oma. Yah, no wonder, kopernya seabrek, gue aja bisa senewen bawa barang sebanyak itu, apalagi ini nenek-nenek gila belanja. Hadeuh...


So, naik bullet train itu rasanya ...panik, keringeten, deg-degan tapi masih pengen nyoba lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...