Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Juni 24, 2017

gaya travelling : me vs bule


Gara-gara travelingan ke Myanmar, yang selama di perjalanan lebih sering ketemu bule daripada asian, sedikit banyak gue bisa menganalisa gaya bule kalo traveling.

Dari segi penampilan & fashion, mereka cenderung santai, gak terlalu peduli kalo gak nyambung, yang penting nyaman, bahkan gak branded juga gak pusing. Nah, kalo gue mostly memang pakai t-shirt, kelihatannya santai tapi tetep harus ber-merk dan up to date.

Masih dari segi fashion, mereka gak masalah pakai baju kemarin atau baju yang sudah di laundry. Sedangkan gue, traveling 5 hari bisa bawa bajunya 8. Gonta-ganti biar fotonya warna-warni. Pulang ke rumah, di koper selalu masih ada baju yang belum kepake, karena beli baju baru juga.

Kalo soal gadget sih balik lagi ke personalnya masing-masing. Banyak yang gadget-less, asal masih berfungsi gak masalah tapi ada juga yang bawa kamera berlaras panjang. Gue sih cukup dengan satu smartphone & satu kamera DSLR beserta tripod-nya. Itu aja udah termasuk banyak, berat dan kurang efisien. Masih pengen pake kamera yang gak terlalu berat tapi punya kemampuan bagus. Kalau diharuskan memilih satu gadget untuk dibawa, tentu gue akan pilih kamera bagus, bukan handphone. Gue lebih suka gak diganggu kalo jalan-jalan.

Soal selfie, mereka jarang foto diri beda sama gue yang harus di tiap spot. Sekarang sih kayaknya lebih mending karena lebih balance antara foto selfie dengan foto view. Hahaha...

Backpack yang entah berapa liter selalu menjadi bawaan si bule, sedangkan gue bekpek 60 liter udah cukup plus 1 koper kecil tapi kalo dihitung perbandingannya, bule bawa bekpek super gede dengan lamanya traveling tentu aja sebanding.

Dari lamanya travelingan, mereka gak terikat waktu, bisa sampe berbulan-bulan bahkan tahunan. Sedangkan gue, paling lama juga seminggu. Segitu juga udah blessing buat orang yang kerja kantoran mah.

Karena punya waktu banyak, mereka gak terburu-buru dengan itinerary. Satu kota bisa dilalui beberapa hari, kadang gak kemana-mana santai aja di hostel. Kalo gue, satu hari full sebanyak mungkin tempat harus kekejar.

Perbandingan lainnya, mereka gak pusing oleh-oleh, bahkan buat diri mereka sendiri kadang bisa gak beli apa-apa. Sedangkan gue, minimal beli buat keluarga/ temen deket dan yang paling banyak tentu buat diri sendiri. Boleh dong?

Soal keramah-tamahan, itu lebih ke personality masing-masing ya tapi pada umumnya traveler asal Eropa lebih angkuh, serasa jaman Little Missy ketemu para budaknya. Gue sendiri type-nya bakal rame kalau diajak ngobrol duluan dan lihat sikon, kalo gak perlu ngobrol kayaknya gue bakalan diem. Asian kayaknya lebih ramah dibandingkan dengan Eropa.

Pengalaman ketemu dengan orang Inggris, menganggap kasta mereka lebih tinggi daripada Asian. Kalo ngomong gak mau kontak mata dan cenderung meremehkan. Gue sih gak masalah, mungkin mereka memang gitu.

Beberapa suka flirting, gak ngerti motifnya apa, biar akrab atau emang sifatnya gitu. Kalo gue sih, kemungkinan gak akan terlalu kebawa suasana. Sama orang baru mendingan formal, kalo cocok banget mungkin bisa diajak traveling bareng. Who knows?

Apalagi ya?

Oya, mereka PD loh walau gak mandi berhari-hari. Gue gak mandi sehari aja bisa gak tenang, makanya toiletries gue walaupun kecil-kecil tapi lengkap.

Setelah gue analisa, pengen banget rasanya traveling ala bule. Gak mesti berbulan-bulan tapi ya bawa barang secukupnya gak mesti berlebihan, gak perlu pake bagasi, santai nikmatin perjalanan tanpa perlu harus ke banyak tempat kalau tidak cukup waktu.

Bener-bener nikmatin perjalanannya tanpa perlu sibuk dengan kamera ataupun handphone, tapi lebih merasakan atmosphere-nya, berbaur dengan orang-orang lokal, makan-makanan khas-nya, nikmatin sarana transportasinya dan enjoy every single moment.

Kalo gak keburu mandi juga gak perlu pusing, namanya juga lagi jalan-jalan. Kumel sesekali kan bukan masalah banget.

Yah, kalo suatu saat bisa gaya travelingan ala bule kenapa enggak. Gue merasa itu lebih asik dan menyenangkan. Kayaknya itu pencapaian yang luar biasa dimana pencerahan ala dewa menjadi level pamungkasnya. Hahaha...

Percaya gak percaya, dalam perjalanan kali ini gue lebih santai. lebih nikmatin perjalanannya walaupun harus mengorbankan banyak sekali spot yang gak dikunjungin. Sayang memang, tapi gue jadi lebih ngerti diri sendiri.

Berapapun lamanya kita traveling, itu gak akan pernah cukup. Selalu ada destinasi baru yang menarik, promo tiket murah dan bejibun alasan lainnya.

Buat gue, traveling itu belajar. Belajar mencintai diri sendiri, belajar berkomunikasi, belajar memaafkan dan menjadi pribadi yang lebih baik, bukan sekedar buang-buang duit.                    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...