Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Juni 12, 2009

i love bali

Juli 2008 kemarin, nyokap minta duit untuk tour ke bali. Wah hebring juga nih nyokap gw...tanya2 cuman 1,3 juta per orang tapi by bus sih. Full meal, dan itinerary hampir semua objek wisata di bali sekitar 1 minggu plus bromo n jogja. Wah, kayaknya gak asik bayarin nyokap tapi gw juga ga ikutan. Secara murah dan belum pernah ke bali nih dan perginya sama saudara2 yang lain juga. Tapi memang tour yang mau kami pakai ini termasuk wisata rohani katolik jadi nanti ada misa, baksos begituan deh. Sutralah yang penting bali.

Singkat cerita hari yang dinanti tiba. Gak sabar rasanya pengen cepet2 sampe. Siang nyampe di tasik, makan siang di resto setempat. Walau makan cuman hanya telur dadar, tempe orek n sop plus kerupuk. Kayaknya enak banget. Dan makannya juga gak libet.

Sore menjelang malam sampe di daerah jawa tengah. Lupa nama daerahnya. Turun bis untuk makan malam. Resto nya sih biasa aja, mana sebelah resto sawah dan hanya sawah. Jadi banyak binatang yang keriapan di resto. Ih…..bikin ga selera makan.

Tengah malam nyampe di solo. Dan bis mogok. Oalah……nyebelin. Untung ac nya nyala. Kira2 1 jam baru deh jalan lagi.

Subuh udah nyampe jawa timur. Sambil melihat matahari pagi bersinar kita memuji Tuhan lewat kidung pujian. Wisata rohani gitu loh. Walau belum gosok gigi cuek aja...damai aja rasanya melakukan itu semua. Dekat dengan Tuhan sambil menikmati ciptaanNya.

Pagi kita berhenti untuk makan pagi dan juga mandi di resto padang di kota banyuwangi. Tapi walaupun kita mampir diresto padang, menu yang dikeluarin mie plus ayam goreng. Wah, bener2 kecewa...

Perjalanan dilanjutkan, melewati hutan2... sepi banget. Badan udah terasa pegel semua. Udah capek banget rasanya. Mana gak nyampe2. tapi ga berapa lama akhirnya sampe juga di pelabuhan ketapang...akhirnya...kita menunggu beberapa menit untuk masuk ke ferry. Siang itu panas banget. Meleleh rasanya.

Kayaknya 2 jam di ferry, orang2 di bis kayaknya udah mulai ceria n dandan....ternyata perjalanan masih jauh untuk sampai Denpasar. Tapi pemandangan di perjalanan bagus kok. Melewati kampung yang penduduknya beragama islam, dan terutama rumah2 penduduk yang dipastikan disetiap rumah punya pura dan juga ditanam bunga kamboja. Gara2 itu makanya gw jadi suka bunga kamboja. Pohonnya itu keren banget. bodo amat yang bilang bunga kuburan. Kurang lebih jam 7 malam baru nyampe food court untuk makan malam. Jam 9 nyampe hotel. Dipikir2 36 jam perjalanan untuk sampai di Bali. Gila banget. Ini rekor yang paling lama. sebelum ini gw pernah ke jambi dan menghabiskan waktu 24 jam di bis. Bagi kamar di hotel dan langsung tidur, siap2 untuk perjalanan besok.....

Hari ke-3 pergi ke goa Maria Air Sani. Ternyata kalau lihat peta, dari hotel ke Air Sani seperti dari selatan menuju utara. Setengah hari baru nyampe. Melewati rumah Tommy Soeharto katanya. Rumahnya gede banget. Sampai di Air Sani yang beragama Katolik mengadakan misa jalan salib. Setelah itu baru deh jalan ke bedugul. Dijalan melihat penduduk yang piara ular, kelelawar n musang. jadi deh kita nonton bentar. Di bedugul dingin banget, dan waktu disana gak liat pura ulun danu yang jadi icon Bali. gara2 kabut tebal...yah ga dapet foto bagus deh. Jam 5 sore langsung pulang menuju hotel. Secara jam 7 malam ada kebaktian lagi. Geto deh, namanya juga wisata rohani. Tapi gw seh gak ikutan. Kan bukan katolik lagian. hari ini bener2 gak puas jalan2nya.

Hari ke 4, jam 7 pagi udah langsung berangkat. Yang belum sarapan pada makan di bis. Yaiyalah tgu pada makan kelar jam berapa beresnya. Langsung menuju batik bali. Lupa nama tempatnya. karna disc 50 %, akhirnya beli kemeja batik tangan pendek. Lanjut ke Tj Benoa, tempatnya olahraga air. Tempatnya memang asik banget, gw sempet nyobain parasailing rp 60 rb/ putaran . Ngeri sih enggak begitu cuman pas giliran gw, mustinya kan 1 puteran kapal....eh, kapalnya gak muter malah balik arah, jadinya gw kebingungan n gak turun2...jadi lebih lama sih di udaranya....hihihi...trus nyebrang ke pulau penyu dg boat rp 50 ribu/ orang. Disana lihat burung elang, burung rangkong, ular n penyu tentunya......seru banget. Gw gak cobain semua olah raga air sih. Kantong bisa jebol deh, lagian yang lain gak gitu menarik buat gw selain parasailing.
Tour langsung ke GWK, panas banget disana. Sunblock udah jadi barang wajib pake. Maklum bukit kapur, panas & gersang. Di GWK cuman lihat patung wisnu n garuda yang belum jadi. Gw rasa bakal lama jadinya. Cuman kalo mikir dari bukit kapur dibikin tempat seperti itu rasanya patut diacungin jempol deh.
Siang menjelang sore kita diantar ke kuta. Kita sempatkan untuk belanja oleh2 di daerah kuta. Harganya memang lebih mahal dibanding daerah lain. Jalan jalan didaerah pantai kuta emang asik. Sambil lihat bule2 yang berseliweran di pantai, atau lihat mbok2 tukang pijet n kepang yang nawarin jasanya atau abang2 yang nawarin tato. Semua lengkap. Cuman dengan penuhnya semua orang, pantai nya jadi ga keliatan lagi n kotor. Yah nasib deh...jalan2 hari ini lumayan puas, cuman yang ga kesampean blom sempet ditato karna waktunya mepet banget.
Hari cepet banget berlalu. Udah hari ke 5 di Bali. Semakin betah aja. Gak mikir apa2, bebas dari kerjaan. Asiknya......... hari ini ke kintamani. Dingin banget, pemandangannya emang bagus sih tapi gak liat sampe ke bawah. Cuman diatas aja....dan kami udah dipesen wanti2 sama belih nya kalo gak mau beli barang2 kerajinan yang dijual sama anak2 kecil jgn dipegang tar jadi ribut. Trus nyokap beli buah jeruk, pas di kilo gak sekilo...mana ibu2 yang jual jutek....gw bilang ya udah besok2 jgn beli lagi disini.

Itinerary hari ini sebenernya mau ke ubud, tapi ntah kenapa gak jadi. Kami 1 bis jadi marah2 sama yang urus tour. Gila banget deh. Pas lewat monumen bajra sandhi/ monumen perjuangan rakyat bali kami ngotot aja pengen turun. Tinggal bayar sendiri ajalah. Jadi kita masuk ke museum ini. Tempatnya luas banget, bentuk bangunannya kayak candi. Tamannya juga terawat. Menarik dan edukatif juga sih.

Siang dilanjutkan ke pasar sukowati. Yah yang ibu2 nih pada kalap ngeborong. Ada yang beli lusinan, beneran deh mau buat bagi2 atau buat jual lagi. Serem banget liatnya. Yang jual disini banyakan gak ramah. Emang udah dibilangin sih sama saudara juga. Biarin aja dia marah2 jgn gak enak ati. Toh kita juga mau beli n tawarnya juga ga kelewatan banget. Seabis borong untuk mengobati kekecewaan tidak ke ubud, tour leadernya ajak ke pasar seni. Yah dipasar seni kaga ada apa2. tempatnya sama kayak di blok m, yang jualan di belakang pasaraya sebelum digusur. Huh....yang laen sih pada ke joger n titiles. Ke joger sebenernya pengen banget. Tapi gara2 kemaren lewat pas mau ke kuta, ngantri mau masuknya sampe keluar..mending gak usah deh. Ke titiles juga ngapain cuman belanja sosis doang. Ah ga penting. Alhasil nongkrong aja didepan mbak2 yang jual bunga untuk sajen plus beli cendol sama liat toko2 sekitar situ. Gak ada yang menarik. Jadi rombongan pada pulang sore2.

Aduh hari terakhir di bali nih, cepet banget liburannya gak berasa udah mau pulang jakarta lagi.....hari ini gw ke tanah lot pagi2. Hujan turun, lumayan dingin n berkabut deh jadinya. Tempatnya? Jgn tanya...bagus banget. Cuman kalo menurut gw sih puranya kenapa gak lebih tinggi dikit sih, biar lebih keliatan n jumawa geto. Hihi....sayang banget gak kesini sore pas sunset. Itu pasti lebih bagus.

Dari tanah lot menuju ke alas kedaton tempat para monyet. Tour leader bilang jgn bawa barang macem2 tar direbut monyet. Yang ibu2 langsung copotin emas2annya. Ngakak gw liatnya. Kita diajak muter hutan sambil liat monyet, yah geto doang sih. Kasi makan kacang. Emang ada beberapa yang buas sih.

Akhirnya berakhir juga nih petualangan di bali. Tapi liburan gw belumlah berakhir. Masih mau ke gereja katolik palasari, bromo n juga jogja. Tungguin ya blog gw selanjutnya.