Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Juni 25, 2009

mbi : museum bank indonesia









Hari minggu bangun pagi memang gak rela. Hari buat leyeh-leyeh gitu. Berhubung mau jalan-jalan ke museum, ya museum lagi. Ya sudahlah...mandi n siap-siap berangkat.

Daerah kota tepatnya kawasan kota tua memang menarik untuk dikunjungi. Sesering kita pergi moment nya tetap akan berbeda. Percaya deh.

Hari ini giliran mbi. Museum Bank Indonesia. Daerah mbi ini seringkali dilewati oleh saya, tapi gak sekalipun saya ngerti kalo mbi itu museum. Bangunannya putih rapi terawat. Kayak bangunan baru, padahal udah berusia 100 tahunan. Pintu masuknya saja kayak mal menggunakan sensor. Wowww…ga berasa museum. Dibagian lobby terlihat kaca patri. Setau saya kaca patri itu adanya di gereja. Tapi ternyata ada di bangunan kuno juga. Buat saya kaca tersebut bikin dekoratif n nyeni.

Naik tangga ke sebelah kanan ada receptionist untuk menyimpan barang bawaan. Dan karcis masuknya gratis. Dibelakang receptionist tadi ada deretan sekat-sekat tempat untuk transaksi antara teller dengan nasabah. Tempat ini nyentrik pas buat foto-foto.

Logo bank Indonesia sempat berkali-kali ganti. Keren banget logonya paduan antara huruf B dan I yang dimodifikasi.

Dibelakang papan logo terdapat ruang simulasi, bilamana kita menangkap uang logam yang berjatuhan dengan cara melingkarkan tangan maka akan tampil informasi pada uang logam tersebut. Keren banget. Sampe petugasnya wanti-wanti gak boleh foto pakai blitz...huh galak amat.

Ada teater yang akan diputar bila datang dengan rombongan. Mungkin rombongan sekokahan. Saya juga gak tanya film apa yang bakalan diputar.

Dibagian belakang terdapat koleksi numismatic yang tersusun rapi dikotak-kotak kaca. Kaca pembesar yang disediakan digunakan bila kita mau melihat secara detil koleksi tersebut.

Yang paling menarik tentu saja papan uang pecahan Rp. 10.000,- yang bergambar Ibu RA Kartini. Dibagian mukanya dilubangi, jadi kepala kita bisa masuk dan mengabadikan moment tersebut.

Sayang sekali mbi sedang renovasi. Jadi cuman itu saja yang bisa dilihat. Tapi gak apa. Saya juga senang dan yang penting suasananya gak nyeremin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...