Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mei 15, 2013

situs purbakala @ pura gunung kawi



Salah satu alasan gue mengunjungi Pura Gunung Kawi adalah pengen lihat candinya, bukan pura nya. Objek wisata ini bisa dibilang bersebelahan dengan Pura Tirta Empul, jadi kenapa enggak sekalian mampir ke sini dan ternyata oh ternyata dijamin bikin tegang....*What?


Yang namanya candi pasti berhubungan dengan kepurbakalaan. Candi purbakala ini memang berdiri kira-kira pada abad ke-11 dan baru diketemukan sekitar tahun 1910. Sepanjang perjalanan menuju ke Pura dan juga Candi Gunung Kawi disuguhkan pemandangan sawah yang terhampar.


Beberapa sumber dari warga di sekitar Pura Gunung Kawi menyebutkan bahwa pahatan candi di tebing dibuat oleh Kebo Iwa, tokoh legenda rakyat Bali yang memiliki kekuatan besar. Ia membuat pahatan candi di tebing batu ini menggunakan kuku tangannya.


Candi yang dipahat langsung di dinding tebing inilah yang menjadi sumber keingintahuan gue untuk mencoba mengexplore kawasan Gunung Kawi.


Candi di sebelah Barat dan di sebelah Timur dibelah oleh sungai Pakerisan. Pemandangannya begitu indah dan menakjubkan.


Terus apa dong yang bikin tegang dari Pura Gunung Kawi ini? Well, untuk sampai ke objek wisata ini dari arah parkiran dibutuhkan stamina yang kuat untuk menuruni 315 anak tangga dari batu. Otot betis dipastikan bikin tegang dan kecapean... hahahhaha...

Ya gitu deh, banyak objek wisata di Bali yang harus dilalui dengan menuruni ratusan anak tangga menuju objek wisata dimaksud. Sebut aja Pantai Green Bowl, Pantai Nyang-Nyang dan Pantai Blue Point...

So, kalau semuanya dilakukan dalam 1 hari tentunya cukup menguras tenaga.


Di sepanjang tangga menuju ke bawah banyak kios yang berjualan souvenir khas Bali, trik nya satu harus berani nawar kalo enggak mau nyesel bayar kemahalan. Tapi ada satu souvenir yang keren yaitu selimut yang dijahit dari kain-kain perca atau biasa disebut quilt. Sebenernya sih pengen beli, tapi gak sanggup deh bawanya.


So, kalau suka dengan situs purbakala dan keindahan alam dan sedang berada di Ubud, wajib mampir di Pura Gunung Kawi. Cukup siapkan uang tiket IDR 15.000,- dan jangan lupa gunakan topi agar terhindar dari sengatan matahari plus air minum yang cukup karena harga warung-warung makan cukup mahal.

Mungkin untuk lebih detail tentang sejarah Pura & Candi Gunung Kawi ini bisa memakai jasa guide agar informasi yang didapat pun akurat.

Happy travelling...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...