Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Oktober 22, 2011

bbs oh bbs










BBS 1
...
BBS 2
...
BBS 17

Setelah meeting dengan klien, tugas yang menanti adalah bikin meeting note. Bikin risalah yang abis diomongin beserta permasalahannya dan juga solusinya. Selama kerja di konsultan pajak bikin meeting note adalah kerjaan paling menyebalkan.

Mustinya meeting note itu adalah ringkasan. Jadi simple-simple aja. Intinya aja gitu. Ini enggak, semakin banyak dan lengkap semakin bagus. Dan kadang bisa seharian bikin kayak gitu doang. Belom lagi kalo ada peraturan & UU-nya. Semua harus masuk dan dicantumin. Sistematis & bikin miris. Lega banget kalo udah selesai. Hukuman tak tertulis rasanya buat yang bikin.

Jangan senang dulu, besok paginya bakalan muncul email revisi meeting note dari BBS. Berupa BBS 1 - BBS berapa kek, tergantung. Bisa 6, 10, 25. Tergantung berapa permasalahannya yang dirasa kurang dijabarkan. Dan itu makan waktu lagi. Meeting note udah semacam momok bagi yang bikin, siapapun itu dikantor lama gue.

BBS ? Siapa sih?

Pertamanya rada kaget waktu diinterview BBS di akhir bulan November 2010. Kenapa kaget? Karena interview pertama, di test dan langsung lulus bisa langsung masuk kerja. What? Seneng dan...Deg-degan.

Emang udah kerasa aneh liat orangnya, perfeksionis akut, suka ngatur berat, nyinyir, banyak ngomong dan ketauan suka cari-cari masalah. Gue termasuk orang yang bisa baca karakter & sifat orang, apalagi kalau udah sempet ngobrol. Tapi mencoba positive tingtong. Gue pikir yah namanya juga bos dan gue juga lagi cari kerja, mantepin hati aja. Dan gue emang pengen belajar banyak di bidang pajak, jadi sutralah...

Hari pertama kerja, ni kantor atau apa sih, cuman ada gue & 1 orang. Katanya ada 1 orang lagi jadi bertiga, tapi lagi gak masuk. Tambah ga enak perasaan. Setelah tanya-tanya emang pada keluar satu-satu. Gak betah ama BBS. Nah lo?

Pulang kerja hari pertama langsung ketemuan sama Merayahw, sahabat gue yang gue rekomen suru masuk kantornya BBS. Kebetulan dia juga mau keluar dari kantor lamanya dan minat belajar pajak terus udah diinterview dan diterima juga di kantor BBS. Gue curhat, belom tentu betah nih kerja kayak gini, si BBS kayaknya tidak menyenangkan. Dasar Merayahw, si sinting positive, ah baru juga 1 hari kerja masa udah cemen gitu ah...gue aja yang ngadepin elu tiap ari kuat-kuat aja. Huh becanda lu?

Kunjungan pertama ke klien dimulai hari berikutnya. Sebelom masuk kantor klien, didepan ada toilet. Masuklah kami, gue & BBS ke toilet. Dia lurus, gue belok. Gue pikir ngapain juga ngikutin dia? Udah beres masuklah gue kekantor klien, langsung ke ruang meeting. Disana BBS udah nunggu dan gue langsung diinterogasi, kenapa masuk toilet cewe, emang ga liat ada tanda buat cewe, kalo ada orang disana apa gak bakal jerit tu orang & bla & bla & bla...Hah? Mana ngeh sih itu toilet cewe? Maksud gue, ya udah sih, masalah gitu doang kenapa musti segitunya ? Sampe ga konsen meetingnya. Sebel banget. Kenapa musti dijadiin kasus seh? Saking ga terima, pulangnya ke toilet lagi dan ngecek apa bener gue salah masuk? Ternyata emang salah sih...yah mana ngeh juga, lha wong pintu toiletnya satu, cuman didalemnya dipisahin. Salah toiletnya aja kenapa pintunya jadi satu? Damn it! Perjalanan pulang, dimobil masih juga diocehin soal ini...dooh...

Dendam.

Tiap pagi suka dikasi sarapan di kantor, dibeliin bubur yang dibeli deket rumah BBS yang di Jakarta Selatan. Sedangkan kantor di Jakarta Utara. Nyampe kantor, buburnya udah dingin.

Sarapan bubur pagi-pagi emang enak. Gue juga suka beli dideket kost-an. Pagi itu pas kebetulan gue beli bubur sendiri, eh dikantor dibeliin juga. Yang dikantor gak dimakan lah. Kebetulan ada temen kantor yang gak dibeliin, ya udah kasi dia aja tapi gak dimakan-makan sampe siang sampe BBS liat dan nanya kenapa ga dimakan? Kalo ga mau ya ga dibeliin, atau bisa kasi orang, itu belinya pake duit pribadi, tolong tata karma, selain kerja bagus kita musti tau ada sopan santun.

Apaan sih? Tambah dendam.

Trus kasus yang paling menjijikan, celana dalam gue tuh nongol. Tiba-tiba ada suara "Kamu pilih Amerika atau Inggris?" ini ngomongin apa ya? Bola? Hah? Arahnya kemana ya? Gue diem aja ga ngerti. Trus suara itu masih aja mengancam "Kalo kamu abis mandi kan handukan, trus ngapain?" Gue tau jawabnya pake celana dalam, tapi diem aja. Temen-temen yang lain senyum-senyum sambil ga ngerti juga. Maksudnya apa sih ni orang? Sampe akhirnya ada satu temen yang akhirnya dapat curhatan dari BBS soal celana dalam gue yang nongol & warnanya merah putih. Jadi ngerti dong kenapa dia bilang Amerika/ Inggris? So what? Penting bahas kek gituan? Gue juga gak sengaja dan gak tau. Lagian kalo CD gue ada birunya tuh baru bisa bilang Amerika/ Inggris. Nah kalo mau tanya yang bener mending Indonesia atau Jepang? Masuk dong...Goblok bener...ckckck...

Gue pernah lunch berdua BBS makan ayam presto. Tulangnya walaupun bisa dimakan tapi gue ga mau makan. Ngapain? Kasian amat sih ayamnya, tulangnya ikutan dimakan juga. Waktu gue singkirin tulang ayamnya, sekonyong-konyong ada suara pelan tapi menusuk "Kamu tau ga kalo ayam presto, tulangnya bisa dimakan juga?" gue jawab aja "Kayaknya tau."

Ini sebagian kejadian yang terjadi sama gue, tiap orang beda kasusnya.

Ini ceritanya Merayahw.

Waktu ketemu klien-nya si Merayahw. Kliennya itu buka toko di Grand Hyatt Plaza Indonesia. Gue tau yang masuk kesitu yang high class lah. Berhubung si Merayahw bukan orang high class, bawa tasnya aja tas dua ratus rebuan yang gede kayak karung warna biru. Maka BBS langsung bersabda "Tasnya gak usah dibawa, ditinggal aja di mobil!" Pas tau cerita ini langsung ceng in aja si Merayahw "Mangkenye beli tas LV dong paling juga 20 jutaan, jangan kek orang susah deh." Eh dia nyaut "Beliin!"

Ini ceritanya Sam sang menejer 4 bulan.

Dia orang paling jorok yang gue kenal selama kerja. Ternyata menejer gak jamin bisa rapi. Kalo pulang tuh beres-beres meja gitu, sampah-sampah dibuangin. Gue sih enggak tau karena selalu pulang duluan sebelom dia kan? Tau-tau besok paginya semua karyawan dapat email dari BBS berupa pic meja kerjanya Sam sang menejer 4 bulan yang kotor berantakan dengan catatan tolong dibereskan sebelum pulang. Kalo kata gue sih ga musti gitu kali ya, di infokan saja pada yang berbuat aja deh. Walaupun kami dapatnya cuman BCC yang notabene si penerima gak tau kalo kami nerima tuh email juga, tapi kan udah bikin kasak kusuk. Gak sepantasnya seorang atasan bikin blok-blokan, dan ngajarin kurang ajar gitu dong...kayak musuh dalam selimut, bener ga?

Untung bulan kedua kerja ada Merayahw dan juga Mber, lumayan mencerahkan hari-hari gue. Menejer 4 bulan juga masuk di hari yang sama dengan Mer & Mber, tapi sebodo amat sih dia mah...

Dan kami kemana-mana bertiga. Selera humornya sama. Pulang ngantor sering makan bareng. Tapi jangan salah si BBS pengen ikutan juga. Gak tau malu banget. Keceriaan kami langsung bubar. Ngapain sih ni orang? Hiy...udah bisa diduga, suasana jadi gak enak dan kaku.

Mer & Mber kadang suka pulang barengan, dan tau apa kata BBS? Kalian berdua pacaran ya? Gubrak...

Satu kesalahan BBS, dia suka ngomongin A ke B, B ke C, C ke A. Lah kami kan saling berhubungan. Pastinya kami saling kasitau. Tambah ketauan busuknya.

Kebersamaan kami terancam bubar, Mber gak terlalu suka ama pajak, ga suka pulang malem terus & gak suka ama BBS. Jadi dia resign. Dan mau tau? Sisa 6 hari kerjanya gak dibayar, katanya bukan pegawai tetap jadi gak ada kewajiban buat bayar sisa gajinya. Baru tau ada peraturan seperti itu.

Bulan depannya Merayahw juga resign. "Mana ceramahan elo waktu hari pertama gue kerja?" Kau yang memulai, kau yang mengakhiri.

Gue yang stress, sama siapa ntar dikantor? Sama temen kantor yang lain gak suka. Mereka dididik BBS buat jadi mata-matanya. Bingung sama orang kayak gitu, bisanya cuman ngadu-ngadu. Dipikir dapet point kali. Gak cocok gue buat begituan.

Gue juga emang udah rencana mau resign, tapi kan musti dapet kerjaan laen dong. Mungkin ini memang waktu yang tepat buat resign. Sibuklah gue kirim-kirim aplikasi lamaran sambil bolos-bolos buat interview. Mau gimana lagi? Sampe hari terakhir kerjapun gue belom dapat kerja juga. Tapi gak apa sih daripada tetap memaksakan mau dapat ilmu, tapi lingkungan tidak mendukung dan yang paling utama gue gak suka ama kelakuan BBS.

Sebulan terakhir sebelom resign adalah hari-hari terburuk. Gue udah ga betah banget, pengen cepet-cepet angkat kaki aja. Udah gak ada Mber, Merayahw juga ilang. Hiks...

Oya tau ga, sebagai pengganti Merayahw & Mber, ada penggantinya 2 orang. Yang satu bertahan satu bulan dengan ga masuk 2 minggu alasannya kecelakaan motor. Satunya lagi cuman 4 hari kerja, dengan alasan neneknya meninggal. Gue sih ga percaya, tapi peduli amat. Orang emang datang dan pergi di kantornya BBS ini. Kalo yang betah tuh emang sakit jiwa aja kali.

BBS merasa kalau kami gak akrab satu sama lain, makanya diadain olahraga bersama pulang dari kantor biar saling akrab. Bulu tangkis. Pertamanya sih semangat. Pengen lah olahraga biar rada sehat dikit. Tapi masa udah olahraga seneng-seneng, ada omongan gak bisa maen lah, inilah itulah. Emang kita mau jadi atlet gitu? Kako iya, udah masuk pelatnas kale. Main bulu tangkis gak ketepak sekali dua kali biarin aja sih, tujuannya kan buat mengakrabkan. Ya udah dong gag usah banyak bacot. Minggu depannya gak maen lagi gue. Ngambeg. Gue bilang aja mau konseling pernikahan. Hahaha...lagian udah mau keluar ini...sebodo amat. Di kantor udah disiksa batin, masa lewat jam kantor masih ditindas juga? No thx anyway.

Malahan ada rencana mau outbond...silahkan saja, gue udah ga disana.

Kabar terakhir dari Merayahw, beberapa minggu yang lalu manager disana resign gara-gara gak boleh izin pulang jam 19.00 padahal anaknya sakit. Kasian...tapi siapa peduli?

Emang gak ada kenangan manis gitu selama 8 bulan bersama BBS?

Ada sih, waktu abis natal, di kantor waktu masih bertiga, kami disuruh duduk di meja makan, dikupasin buah apel & pear, dan disuru makan. Jujurnya sih jijik bukannya romantis. Dan satu-satu ditanya rencana tahun baru mau kemana? Gue bilang mau ke Pulau Seribu.

Eh, pas beberapa hari sebelom tanggal 31 Desember yang dibilang mau libur malahan disuru masuk. Semua protes dong, "Kan saya mau ke Bandung, Pa", "Saya ada acara keluarga". Dengan PD nya dia jawab "Ya udah, saya entar masuk kantor sama Matias aja" Gue sautin aja "Lah, saya kan mau snorkeling ke Pulau Seribu" Dia bengong bentar trus ngomong " Ok, saya masuk kantor sendiri aja" Gih sono...

Oyeah, orang kayak elo idup sendiri aje ye. Bye BBS...

Inget kata mutiara-nya Merayahw " Create your own happiness " ...Tumben lo Merayahw kali ini lo bener...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...