Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Maret 13, 2015

my church : just a thought




Apa yang udah gue lakukan untuk Tuhan? Ya, ini cuman pemikiran gue aja sih.

Dari kecil, gue cukup aktif di Gereja. Ikutan nari, drama, vokal grup dan paduan suara tuh udah gak aneh. Beranjak remaja, gue ikutan kepengurusan remaja dan kepanitiaan kalo ada event.

Enam bulan sebelum Natal malahan udah latihan tiap minggunya. Setelah remaja, porsi ke gereja bisa 3x seminggu. Buat latihan rutin vocal grup, PA ( Pemahaman Alkitab ) dan gereja di hari Minggu. Belom kalo ada rapat ini dan itu. Bisa 5x seminggu ada di Gereja. Belom lagi menjelang natal, bisa seminggu full dari siang sampai malam. Bisa bayangin gak sih waktu natal, di list acara itu, gue bisa ikut setengah dari keseluruhan acara. Acara yang satu kelar, ganti baju, siap-siap sampai semuanya beres. Gue gak komplain, gue nikmatin aja.

Yang komplain malahan orang rumah karena gue jarang di rumah. Setelah dewasa dan ikut GBI Pa Niko, baru tau kalo keluarga itu nomor satu. Gereja nomor sekian. Ya, jangan sampai pelayanan di Gereja malahan bikin kacau di rumah.

Zaman kuliah, paling ikutan vocal grup dan kadang jadi Worship Leader di Gereja di daerah Tanah Abang. Terakhir-terakhir ikut PA-nya juga. Gak ada yang special, ikut drama waktu natal juga bukan sesuatu yang baru.

Sampai masuk dunia kerja, capek, gak pengen ngapa-ngapain paling menyempatkan untuk kebaktian Dewasa Muda. Sampai akhirnya ikut keputusan untuk ikut Kom 100 lanjut ke Kom 200. Setelah selesai yang 200, Seri 300-nya udah mau mulai aja tapi gue gak ikutan selain capek, orangnya lebih sedikit.

Sertifikat Kom 100 udah gue terima, tapi yang Kom 200 masih belom jadi, padahal waktu itu gue tagih sekitar 7 bulan setelah selesai. Malah dijawab, “Yang angkatan sebelom kamu aja belom pada jadi.” Sampai sekarang gue gak pernah tagih lagi. Males nagihnya.

Sempet mau ikutan paduan suara. Udah daftar dan siap latihan. Eh, latihannya jauh ke mana-mana. Gak dilalui angkot pula. Sudahlah, bukan jodoh.

Setelah itu vakum, gak pernah ngapa-ngapain, hanya bergereja di hari Minggu. Sampai sekarang. Kalo ditanya pengen aktif lagi gak kayak dulu ya pengen lah, cuman sekarang lagi gak memungkinkan.

Yang ada sekarang gue jadi pengamat. Ya, gue jadi senang mengamat-amati. Entah gue yang kurang kerjaan atau emang sekarang obvious banget jadi mengundang untuk berkomentar atau bener kata Pendeta yang kotbah,”Jangan jadikan rutinitas bagi sebagian orang untuk melayani atau untuk bergereja. “

Usher tugasnya apa? Menyambut tamu bukan? Menyambut jemaat yang datang. Simple kan? Senyum, jabat tangan sambil bilang “Shalom.” Selesai. Gak susah. Kenyataannya senyum aja susah, boro bilang Shalom segala. Dan ada pengerja yang kalo jabat tangan, mukanya gak pernah eye contact. Buat gue sih gak masalah hanya saja kalo ditilik dari segi etika tentu gak sopan.

Satu waktu ada pengurus gereja turun tangga, berpapasan dengan jemaat yang naik. Gue lihat dari bawah si jemaat di kasih salam, sedangkan gue yang berpapasan dengan si pengurus, dilihat aja enggak.

Acara tutup pintu sesaat sebelum ibadah dimulai bikin gue marah. Gue bukan type telat karena sejauh apapun gerejanya gue selalu spare time buat di perjalanan. Kotbah Pendeta yang bersabda, “Mau melakukan perjalanan dengan pesawat terbang, 2 jam sebelomnya udah stand by di Bandara. Giliran mau ke Gereja, kalo belom kotbah belom nyampe Gereja.” Selalu tertanam di otak.

Gue sangat mengerti, kalau pas lagi penyembahan dimulai, ada orang yang datang nyari tempat duduk pastinya sangat ganggu. Konsentrasi buyar dan bikin bt. Belom lagi suruh geser-geser eh, giliran udah dapet tempat duduk, ditinggal lagi buat ke toilet. Ganggu banget.

Katakanlah seperti di Senayan City, walaupun untuk sesaat gak boleh masuk tetapi pintu tidak ditutup, jemaat antri di depan pintu dan masih boleh ikut dalam penyembahan sampai dipersilahkan masuk oleh usher.

Yang ini, pintu dikunci. Jemaat yang telat, duduk di tangga, ngerumpi sampai ada yang bukain pintu. Kekesalan gue cuman satu, gak bisa ikut penyembahan.

Mendisiplinkan jemaat tidak datang telat, agar tidak mengganggu jemaat yang sedang penyembahan. Apapun alasannya, tutup pintu tidak memecahkan masalah. Namun dari situ, gue belajar untuk tidak telat barang semenit pun.

Sekarang, kayaknya udah gak ada tutup pintu. Yang ada tutup gorden. Mungkin pada protes.

Kejadian yang baru saja gue alami, petugas Perjamuan Kudus malah main ciluk-ba sama bayi sementara dia sedang mengedarkan perjamuan. Dalam hati, gue bilang mungkin batita-nya lucu banget kali sampai gak ada waktu lain sampai setelah selesai ibadah. Batitanya duduk di barisan depan, sedangkan gue duduk di belakang. Dan itu terjadi beberapa kali. Mungkin yang ini bener-bener lelah.

Dan yang gak lepas dari pengamatan gue, kenapa sih yang didoain, orangnya itu-itu aja yang ternyata penyokong Gereja nomor satu. Kebetulan dia pemilik bangunan yang dijadikan Gereja dan sedang menderita sakit. Pertanyaannya, apakah dari 200-300 jemaat yang ada, gak ada yang sakit selain orang itu? Apakah jemaat yang bergereja di situ semuanya sehat? Amin ya kalo semuanya sehat. Pertanyaan berikutnya, kalo dia bukan penyokong dana Gereja, bakal didoain secara intensifkah? Kalo jemaatnya ribuan, gue ngerti kalo gak bisa disebutin satu persatu. Altar call atau secara general mendoakan jemaat yang sakit itu sudah cukup tanpa perlu menyebutkan namanya.

Karena gue udah lumayan lama ibadah di situ tapi kok ya gak pernah doain orang lain selain Pendeta dan pemilik Gereja. Bahkan pemerintah atau RI I aja gak tiap minggu didoain.

Yah, ini pemikiran gue aja dan terjadi di Gereja gue sekarang. Sempet males ke Gereja juga karena gue merasa apa yang gue ceritain ini aneh. Tapi ya balik lagi, tujuan bergereja itu apa. Inget hukum Tuhan yang bilang, “Kuduskanlah hari Sabat.” Dan itu kan cuman kelakuan segelintir orang, ngapain juga dipikirin, paling penting kan ketemu Tuhannya sendiri.

Pembaca mungkin berfikir kalo gue cuman orang yang demen kritik. Ya, kritik terjadi karena melihat sesuatu yang salah dan harus diperbaiki, bukan begitu? Karena semakin lama keadaan semakin aneh. Beneran. Ada satu Pendeta yang gue follow di jejaring sosial, kerjaannya foto melulu kayak gue. Kalo foto kegiatan dia bergereja sih gak apa kali ya. Eh, ini lagi ngopi-ngopi cantik, di mal sama keluarga. Sepertinya hedonis sekali. Ya, bukan gak boleh foto dan gak bole pamer atau sharing sesuatu kali ya. Namun, setelah sekian tahun ngikutin perkembangan dia sepertinya enggak banget. Kenapa gak posting sesuatu yang divine? Ya, karena ada embel-embel Ps di depan nama anda. Untung nama gue gak ada Ps-nya jadi bisa foto sesering gue mau dan di mana aja. Hahaha...

Tuh kan jago kritik. Sampai ada pembaca yang komen di postingan gue yang lalu, emangnya udah lakuin apa untuk Tuhan? Gak banyak kok. Yang paling gue inget itu waktu ngajakin temen dari agama lain ikut ke Gereja. Sampai akhirnya rajin dan minta dibaptis. Bisa dibilang, itu pengalaman spiritual yang gak mungkin gue lupa. Rasanya seneng banget. Dari nol dan bukan siapa-siapa sampai mau ikut Tuhan dan dibaptis. Amazing. Gue tau, itu bukan usaha gue semata tapi karena kasih karunia Dia saja yang membuat itu terjadi. Ikut Kom 100 dan katanya jadi banyak temen.

Ini cerita gue yang demen kritik tapi juga sambil mengerjakan keselamatan dan pengen ikutan pelayanan lagi seperti dulu. Target selanjutnya, helo soul mate? Hahaha…

Bentar lagi mau Paskah, udah lakuin apa sih buat Tuhan? Kalo kata mantan up line gue sih, gak usah dijawab kenceng-kenceng, cukup dijawab dalam hati.

Lantas apa ceritamu? Mau komen, mau kritik juga, mau kasih input, mau gak setuju? Boleh aja asal jangan Anonim. Tuhan Yesus memberkati.

2 komentar:

  1. Hahahaha, kritik itu kan membangun boss. Bener bgt klo usher jutek ya kok ga ganti profesi ya klo (mgkin lg dpt kali yaa). Btw klo ujian kom 100 susah ga bro? Baru mau ikut nih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kom 100 banyak teori tapi ujiannya gak susah kok yang penting pemahamannya...

      Semangat...

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...